TypeOnline Course
DateJul 27, 2020
Student Enrolled136
PriceIDR 83000 (termasuk buku)
Book Now

Alhamdulillah telah hadir buku yang disarikan dari Kitab تعليم الصبيان التوحيد Karya Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab At-Tamimi رحمه الله yang berisi beberapa pertanyaan yang terkesan sederhana namun sifatnya fundamental. Misalnya:

“Siapakah Rabbmu?”, “Apa Makna Rabb?”

Juga pertanyaan tentang apa tujuan kita diciptakan, tentang agama yang dirinci dalam beberapa sub penjelasan, juga tentang nabi kita. Beliau رحمه الله menguraikannya dalam bentuk risalah sederhana, ringkas, berdasarkan dalil di dalam Al-Qur’an & As-Sunnah.

Buku Anak di Berbagai Negara...

Karena konsep dan berbagai keutamaannya, di beberapa negara kitab ini telah diterjemahkan bahkan ada yang disusun dalam versi untuk anak-anak misalnya di Inggris dan Prancis.

Kids.Tauhidorid ingin menghadirkannya untuk keluarga muslim di Indonesia yang diharapkan dapat menjadi salah satu literatur penting untuk pendidikan anak. Untuk menunjang optimalisasi pendidikan Tauhid di dalam keluarga, dihadirkan online course ini sebagai panduan serta dorongan global kepada para orang tua untuk dapat mempelajari ilmu syar’i secara terstruktur dimulai.

Sekilas Tentang Buku Yuk Belajar Tauhid:

Konsep Yuk Belajar Tauhid

Buku ini dikemas dalam konsep full color dengan ilustrasi yang menarik bagi anak-anak serta tetap dalam koridor syar’i antara lain faceless. Ukurannya cukup ideal (A5) yang membuatnya praktis dan hard cover yang agar awet dan sebagai bentuk pengharagaan terhadap buku tentang disiplin ilmu yang wajib dipelajari yaitu Tauhid.

Dengan desain, pemilihan font, dan warnanya buku ini diharapkan dapat menjadi materi yang menarik untuk anak-anak yang sedang dalam tahap belajar atau sudah bisa membaca bahkan untuk anak-anak usia di atasnya yang, bisa juga digunakan oleh anak yang belum bisa membaca dengan dibacakan oleh orang tuanya.

Buku ini juga dilengkapi dengan matan kitab aslinya dalam bahasa arab. Yuk Belajar Tauhid disusun dan ditulis ulang disertai penyesuian ulang dengan tambahan referensi dari kitab ما يجب على المسلم معرفته والعمل به, serta didesain visual oleh Tim Redaksi Kids Tauhidorid dengan murajaah oleh Ustadz Mulki bin Kholil حـفظــه الـلـه (alumnus Darul Hadits Yaman) serta asatidzah pembina.

Spesifikasi Teknis

  • Isi Buku 22,6cm x 16cm
  • Cover 23,5cm x 16,7cm
  • Tebal Buku 1,2cm
  • Isi buku Art Paper 150gram
  • Total 63 hal isi (ix+53) + skiblat
  • Hard Cover
  • Jilid dengan metode jahit
  • Laminasi & Spot UV Cover

Cara Membeli Buku ini

Hubungi Admin @store.tauhidorid 089691395097 atau kunjungi www.store.tauhid.or.id. 

Bisa diperoleh di agen & reseller kami di Indonesia & luar negeri:

Daftar Agen & Reseller

Tangerang:
> Rumah Tahfizh Bukit Tiara @rihlahyaman

Tangerang Selatan
> @tookobook
> @iltizam.store

Jakarta Barat:
> Rona Rahmi
> @addbook_byhaura
> Sri W.
@abatabyumar

Jakarta Timur
> @imongistore

Jakarta Selatan & Depok:
> @store.tauhidorid
> @hahagoodieshop
> www.geraimuslim.id
> @idekreasi.labstore
> @bookspaceid
> @Tokobukurukhayma

Bekasi:
> Sahabat Sekolah Rumahku
> @binafifstore
> Atika

Kota & Kab. Bogor:
> Lathifah A.
> @kbabybook
> @hayyin.store
> @JAVABOOKS_ID
> Konsultan Media Edukasi

Karawang:
> @littlekhanza.id

Bandung Raya:
> @azrahstore
> @tokobukupoppy
> @buku.tumee
> @sntykn

JAWA TENGAH
> Nanas Buffetbooks (Semarang)
> @habibah.store (Kudus)
> Ummu Abda (Tegal)
> @nurinayupi (Solo)

YOGYAKARTA
> Toko Buku Sarana Hidayah
> @sekolahjadiorangtua
> @aufabookstore
> @bukuanak.id

JAWA TIMUR
> Yuan Ariani (Surabaya)
> Umiyati (Sidoarjo)
> @alfabookid (Banyuwangi)
> Retno D.A. (Gresik)

KALIMANTAN
> @bukuhaura (Kaltim)
> @pustakamaris (Kalbar)
> @gallerybukumirza (Kalsel)

NUSA TENGGARA BARAT
> Noor Izza

KANAGAWA, JEPANG
> @ilmseed

Di dalam Setiap buku Yuk Belajar Tauhid terdapat coupon code  unik yang dapat digunakan untuk mendaftar online course di laman ini. Pembahasan kitab تعليم الصبيان التوحيد dan materi terkait lainnya sebagai panduan bagi para orang tua untuk mengajarkan Tauhid kepada anak-anaknya dengan buku ini.

Pastikan Anda sudah terdaftar di  halaqah.tauhid.or.id  (lihat panduan pendaftaran) kemudian klik tombol START THE COURSE di samping kanan halaman ini. Setelah itu masukkan coupon code yang Anda terima di dalam buku Yuk Belajar Tauhid dan proses pendaftaran course akan otomatis diterima. Setelah itu untuk mengetahui apakah Anda sudah terdaftar atau belum pada course ini klik username Anda dan akan muncul di dashboard atau klik attended courses.

PANDUAN MEMASUKKAN COUPON CODE

Untuk mempermudah mempelajari video course, saat ini materi video juga bisa disaksikan di Youtube Kids Tauhidorid

Materi course تعليم الصبيان التوحيد (hanya bisa di-klik jika sudah login dan terdaftar di course ini):
Section 1من ربك ؟
Lecture 1Muqadimah (Video #1 & Rangkuman)Free Preview

بسم الله الرحمن الرحيم

Pendahuluan

Lecture 1 ini berisi penjelasan dari pemateri (Ustadz Mulki bin Khalil) tentang pendahuluan online course Buku Yuk Belajar Tauhid yang akan terbagi menjadi:

A. PENDAHULUAN

B. PEMBAHASAN MUQADIMAH تعليم الصبيان التوحيد

C. MOTIVASI UNTUK ORANG TUA

Materi yang tersedia adalah VIDEO #1 dengan durasi 12:29. Untuk menyimak video ini mohon dipersiapkan buku Yuk Belajar Tauhid bagian Muqadimah (halaman iv) atau تعليم الصبيان التوحيد bagian Muqadimah.

Metode pembelajaran pada bagian ini adalah para orang tua menonton video sambil menyimak buku Yuk Belajar Tauhid. Untuk ini sementara belum ada sesi tanya jawab (akan diinfokan menyusul apabila sudah ada fitur tanya jawab).

Mohon untuk mempelajari dengan seksama karena bagian ini sangat penting sebagai dasar untuk mempelajari bagian-bagian berikutnya.

 VIDEO #1:

Pemateri: Ustadz Mulki bin Khalil hafidzahullah

Profil Pemateri

Beliau adalah alumnus Darul Hadits di Yaman. Sebelum study di Yaman pernah belajar di beberapa pesantren di Indonesia.

Saat ini beliau menjadi pengasuh Rumah Tahfidz Bukit Tiara Tangerang, pengajar di PKBM An-Nur Depok, relawan CRAST di divisi Dakwah, serta pemateri @kids.tauhidorid.

A. PENDAHULUAN

Pada Video #1 ini beliau fokus membahas tentang bagian Muqadimah Buku Yuk Belajar Tauhid yang juga diambil dari Kitab تعليم الصبيان التوحيد. Setalah membuka kajian, beliau menyampaikan semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadikan kita sebagai hamba yang penuh berkah, dengan melakukan sebab tawakkal kepada Allah dan salah satu bentuknya adalah menuntut ilmu, mengamalkannya, menyebarkannya, dan bersabar di atasnya. Upaya kita ini juga dalam rangka melaksanakan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا
Wahai orang-orang yang beriman, peliharalah diri-dirimu dan keluargamu dari api neraka…” [QS At-Tahrim: 6]

Dari Ibnu ‘Umar radhiallahhu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah ﷺ pernah bersabda:

وَ إنَّ لِوَلَدِكَ عَلَيْكَ حَقّاً
“…Sesungguhnya anakmu memiliki hak yang wajib engkau tunaikan” [HR. Muslim 1159]

Dan salah satu hak yang wajib kita tunaikan kepada anak-anak kita adalah memberi bekal ilmu. Terutama ilmu Tauhid bagaimana mereka mengenal rabbnya, mengenal agamanya, dan mengenal nabinya ﷺ. Dan buku ini, Yuk Belajar Tauhid, adalah intisari dari karya seorang ulama besar yang fokus di bidang Tauhid, Muhammad bin Abdul Wahhab At-Tamimi رحمه الله. Buku ini juga coba didesain untuk pembelajaran orang tua, terutama yang sedang belajar Bahasa Arab, dengan menghadirkan matannya.

***********

B. PEMBAHASAN MUQADIMAH تعليم الصبيان التوحيد

Setelah mengucapkan hamdalah dan shalawat kepada Nabi Muhammad ﷺ, beliau berkata:

فهذه رسالة ناففعة، فيما يجب على الإنسان أن يعلم الصبيان قبـل تعلمهم القرآن
“Buku ini adalah risalah yang bermanfaat tentang apa yang wajib bagi manusia untuk mengajari anak-anak mereka sebelum mengajarkan Al-Qur’an”

Buku adalah pondasi sebelum anak-anak belajar Al-Qur’an, hukum-hukum islam, syariat-syariat islam, maka yang pertama kali kta tanamkan kepada anak-anak kita adalah Tauhid.

Ustadz Mulki kemudian membacakan hadits dari Jundub bin Abdillah radhiallahu ‘anhu, beliau berkata:

كنا مع النبي صلى الله عليه وسلم ونحن فتيان حزاورة
“Dahulu kami bersama Nabi ﷺ, ketika itu kami masih kanak-kanak,
فتعلمنا الإيمان قبل أن نتعلم القرآن
Kemudian kami belajar iman sebelum belajar Al-Qur’an,
ثم تعلمنا القرآن فازددنا به إيمانا،
Kemdian barulah kami mempelajari Al-Qur’an sehingga bertambahlah keimanan kami karenanya.” [HR. Ibnu Majah, di-shahiih-kan oleh Syaikh Al-Albani]

Bagian selanjutnya dari Muqadimah تعليم الصبيان التوحيد:

حتى يصير إنسانا كاملا على فطرة الإسلام وموحدا جيدا على طريقة الإيمان
hingga menjadi individu yang sepenuhnya berada dalam fitrah keislaman dan bertauhid dengan baik dalam koridor keimanan.
ورتبته على طريقة سؤال وجواب
Dan saya telah menyusun risalah ini dalam metode kumpulan pertanyaan dan jawaban.

Metode tanya jawab diajarkan oleh Rasulullah ﷺ kepada sahabat yang kecil radhiallahu ‘anhum sebagaimana beliau mengajarkan Muadz bin Jabal, Ibnu Abbas, dan yang lainnya dalam bentuk tanya jawab.

***********

C. MOTIVASI UNTUK ORANG TUA

Yang perlu menjadi catatan kita adalah bahwa anak merupakan aset, yaitu rizki yang berharga yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada hamba-hambanya yang dikehendaki. Karena ketika kita didik mereka di atas agama yang benar akan kembali kepada kita manfaatnya.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda:

إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ اِنْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أو عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ
“Apabila telah mati anak Adam maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara: Sodaqoh jariyah, Atau ilmu yang Bermanfaat, Anak shalih yang mendoakannya.” [HR. Muslim]

Perlu kita catat juga bahwa anak merupakan lembaran putih, yang jika kita isi dengan kebaikan maka akan menghabiskan kebaikan. Begitu juga sebaliknya.

Rasulullah ﷺ bersabda:

كُلُّ مَوْلُوْدٍ يُوْلَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ، فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ ،
“Setiap anak dilahirkan di atas fitrah (di atas agama islam—mentauhidkan Allah Sunhanahu wa Ta’ala, red.), Akan tetapi kedua orang tuanyalah yang akan menjadikan ia yahudi, nasrani, atau majusi.“ [HR. Al-Bukhari]

Bahkan Nabi kita Muhammad ﷺ begitu sayangnya kepada umatnya, bahkan kepada keluarganya. Pernah dikisahkan oleh Tabi’in yang mulia ‘Amr bin Syuaib rahimahullah, “beliau bekisah bahwa dahulu Rasulullah ﷺ melihat anak-anak dari Bani Abdul Mutthalib (yaitu saudara-saudara beliau ﷺ) telah pandai berbicara, Nabi ﷺ mengajarkan ayat berikut hingga tujuh kali”:

 وَقُلِ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي لَمْ يَتَّخِذْ وَلَدًا وَلَمْ يَكُنْ لَهُ شَرِيكٌ فِي الْمُلْكِ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ وَلِيٌّ مِنَ الذُّلِّ ۖ وَكَبِّرْهُ تَكْبِيرًا
Dan katakanlah: “Segala puji bagi Allah Yang tidak mempunyai anak dan tidak mempunyai sekutu dalam kerajaan-Nya, dan Dia tidak memerlukan penolong dari kehinaan, maka agungkanlah Dia dengan pengagungan yang sebesar-besarnya.” [QS. Al-Isra: 111]

Demikian penjelasan dari video pertama online course تعليم الصبيان التوحيد. Semoga bermanfaat. Baarakallahu fiikum.

Lecture 2Gambaran Isi Buku & Referensi Pendukung (Video #2 & E-book)
Lecture 3Siapakah Rabbmu? (Video #3, Rangkuman, Worksheet)
Section 2 وما معنى الرب؟
Lecture 4Apa Makna Rabb? (Video)
Lecture 5Worksheet Video #4 (20 Aug 2020)
Section 3بما عرفت ربك؟
Lecture 6Dengan apa (bagaimana) kamu mengenal Rabb-mu?
Lecture 7Worksheet Video #5 (20 Sep 2020)
Section 4لأي شيء خلقك؟
Lecture 8Video Bagian Pertama (hal 10-14)
Lecture 9Video Bagian Kedua (hal 15-23)
Lecture 10Worksheet Video #6 & #7 (20 Sep 2020)
Section 5ما دينك؟
Lecture 11Apa Agamamu?
Lecture 12Rukun Islam
Lecture 13Makna لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ
Lecture 14Penjelasan Rukun Islam
Lecture 15Rukun Iman
Lecture 16Activity Kit to Learn Islam & Iman
Section 6من نبيك؟
Lecture 17Siapa Nabimu?
Lecture 18Muhammad ﷺ Nabiku
Lecture 19Ajaran Rasulullah ﷺ
Lecture 20Biografi Singkat Rasulullah ﷺ
Lecture 21Activity Kit to Learn Rasulullah ﷺ